Wisudawan Berjiwa Enterpreneur dilepas dengan Adat Jawa

“Setelah digembleng selama 9 semester di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, wisudawan sudah mantab menjadi entrepreneur sejati”.  Demikian pesan singkat Dekan FEBI, Dr Imam Yahya dalam memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada para delapan puluh satu wisudawan wisudawati Fakultas Ekonomi UIN Walisongo pada acara penglepasan wisuda ke-2 setelah Fakultas ini resmi berpisah dari Fakultas Syariah.

Penglepasan wisudawan ke-2 yang digelar oleh Keluarga Alumni FEBI selasa, 28/1/2014 di Greenland Gonoharjo Boja Kendal, berlangsung khidmah dan penuh keakraban. Para wisudawan memakai baju batik dan busana muslimah bagi wisudawati. Sementara para anggota senat Fakultas berseragam beskap ala Basofi Sudirman. Menurut pengakuan MuhamHarits, SH. MH., kasubag akademik Fakultas Ekonomi, yang diamine oleh Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi, H. Khoirul Anwar, M.Ag., prosesi acara penglepasan ini didasari oleh keinginan mengapresiasi local wisdom yang tradisi dan budaya Jawa.

Acara juga berlengsung dengan menggunakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa penganatr dalam acara wisuda ke 2 di FEBI. Meski awalnya canggung, tetapi bapak wakil Dekan 1 FEBI Dr. Ali Murtadlo, M.Ag. fasih melafalkan Bahasa-bahasa Jawa kuno yang biasa dipakai pada acara mantenan adat Jawa. Pesan Pak Aldo, sebutan keren pak Ali Murtadlo, agar calon wisudawan harus bersiap-siap memasuki hidup baru di tengah masyarakat nanti.

Acra penglepasan ini juga dibarengkan dengan pelantikan pengurus IKA FEBI periode 2014-2016 yang diketuai oleh Agung. IKA FEBI berharap semua wisudawan FEBI bias memanfaatkan semua ilmunya dalam mengarungi dunia kerja yang sangat kompetitif sekarang ini. Pengalaman wisudawan FEBI yang sudah sukses sekarang ini bisa menjadi ibrah, bahwa ilmu yang sudah didapatkan selama di Fakultas Ekonomi ini sangat bermanfaat dalam bursa kerja di berbagai bidang, baik di lembaga ekonomi maupun lembaga bisnis di manapun berada.

Untuk itu IKA Alumni siap bersama para calon alumni untuk membangun jejeraing dalam memasuki dunia baru, dunia entrepreneurship menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) agar tidak tertinggal dengan bangsa lain. Kerja di bidang ekonomi sangat menjanjikan, apabila kita bisa menghadapi dengan professional. Kita semua berharap para alumni Fakultas ekonomi Bisnis Islam UIN Universitas Islam Negeri Walisongo bisa berkompetisi dalam berbagai posisi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kaf.*)

One thought on “Wisudawan Berjiwa Enterpreneur dilepas dengan Adat Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *