Performance & Personality Development Class Prodi D3 Perbankan Syariah

Prodi D3 Perbankan Syariah FEBI UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan “EvenA Performance & Personality Development Class” ( 06/11) . Dalam Kegiatan ini Prodi D3 Perbankan Syariah Secara Khusus mendatangkan narasumber sekaligus pelatih dari La Tulip Cosmetic, Al Fath Jilbab dan Totok Shahak Modelling school. Hal mendasar yang menjadi latar belakang terselenggaranya even ini adalah untuk membekali mahasiswa prodi D3 Perbankan Syariah dalam hal performance dan personality sehingga mereka benar-benar siap memasuki dunia kerja. Siap secara skill kemampuan serta siap secara penampilan.

Penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena penampilan adalah bagian dari gambaran atau cermin dari kepribadian seseorang. Maka ketika seseorang berpenampilan rapi dalam berpakaian, hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut menaruh perhatian dengan dirinya. Sementara itu berpakaian dalam penampilan dalam bekerja tidaklah harus mewah dan berlebihan. Namun, disesuaikan dengan kondisi ruang kerja dan lingkungan dimana mereka bekerja nantinya.

Penampilan yang baik akan menumbuhkan citra dan kesan yang baik pula selama berhubungan dengan rekan kerja, klien, ataupun atasan. Profesionalitas kerja pun bisa dinilai dari penampilan, meskipun bukan yang utama. Tak mengherankan bila ada perusahaan yang memasukkan syarat good looking dalam rekrutmennya. Hal tersebut dikarenakan penampilan dianggap dapat mencerminkan kepribadian perusahaan tempat kita bekerja.Sementara itu bagi karyawan atau karyawati de ngan jabatan di perusahaan terutama yang selalu berhadapan dengan customer atau pelanggan, tentu sangat mengutamakan penampilan. Misalnya saja profesi seperti customer service, teller, kasir untuk di bank.

Mahasiswa dan Mahasiswi di berikan pelatihan bagaimana berpenampilan rapi sesuai dengan standar di perusahaan/ perbankan khususnya perbankan syariah.Dalam Kegiatan ini mahasiswa juga di ajarkan bagaimana menyapa calon customer yang benar seperti : Ucapkan nama dengan jelas,Lakukan kontak mata, sorot mata yang ramah menunjukkan niat baik anda, kontak mata terjadi sekitar 3 detik.Jabat tangan dengan erat menandakan hangatnya pribadi seseorang, dan menunjukkan rasa percaya diri. Tangan digundang dua atau tiga kali saja.
Posisi memperkenalkan :
– wanita diutamakan
– mendahulukan orang yang lebih tua
– mendahulukan orang yang memiliki jabatan yang lebih tinggi.
Dalam Posisi Duduk :Disarankan sebaiknya berdirilah sebentar pada saat dikenalkan dan bersalaman

Penampilan yang rapi dan santun perlu diikuti dengan Etiket yang baik . Etiket dapat Membantu kita membuat pilihan – pilihan berdasarkan cara :Yang benar,Sopan,Penuh Pertimbangan. Perlakukanlah orang lain seperti kita ingin diperlakukan.Jadi pada prinsipnya dalam profesi apapun sebenarnya penampilan perlu diperhatikan menurut kepentingan pekerjaannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *