Perdalam Ilmu Penelitian Melalui Percepatan Studi

Perdalam Ilmu Penelitian Melalui Percepatan Studi

Semarang, Program Studi Magister Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang menggelar percepatan studi metode penelitian untuk mahasiswa Pascasarjana, yang digelar di gedung H1 Kampus 3 Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Sabtu (18/11/2017).

Kepala Program Studi Ekonomi Syariah, Prof. Dr. Mujibatun, M.Ag, menjelaskan, tujuan dari percepatan studi ini untuk menambah wawasan keilmuan mahasiswa yang belum diberikan di kelas kuliah sebelumnya.

“Apapun ilmu yang diberikan nantinya pasti akan bermanfaat, dan terima kasih kepada Dr. Zulaikha yang sudah meluangkan waktunya untuk  berbagi ilmu bersama mahasiswa ekonomi syariah,” ujarnya dalam memberikan sambutan.

Sebagai pemateri, Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro, Dr. Zulaikha menjelaskan bahwa metode ilmiah yaitu prosedur dan cara untuk memperoleh pengetahuan dengan kebenaran ilmiah. Kebenaran koherensi yang menganut logika deduktif sifatnya rasional (teruji).

“Dan kebenaran korespondensi yang meganut logika induktif sifatnya faktual (empiric),”jelasnya.

Ditambahkan Dr. Zulaikha, Klasifikasi penelitian bisnis itu ada dua yaitu berdasarkan tujuan dan berdasarkan jenis data. Untuk berdasarkan tujuan terbagi dua yaitu penelitian dasar yang fungsinya untuk pengembangan teori dan penelitian terapan untuk aplikasi memecahkan masalah fenomena praktis yang ada.

“Sedangkan berdasarkan jenis data terbagi menjadi tiga, yaitu penelitian opini, empiris dan arsip,”jelasnya kepada mahasiswa.

Percepatan studi ini tidak hanya diisi dengan teori saja, namun akan dilanjutkan dengan praktik menganalisis data dengan menggunakan aplikasi Amos yang akan dipandu oleh Dr. Ratno Agriyanto, M.SI., CA., GPAI. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *