Visitasi Akreditasi Prodi S1 Perbankan Syariah oleh Tim Asesor BAN-PT

 

Semarang- BAN-PT merupakan lembaga yang menaungi penjaminan mutu suatu perguruan tinggi untuk melihat kualitas Progam Studi, Fakultas, maupun Universitas sebagai tolak ukur bahwa program studi, Fakultas, maupun Universitas memiliki kelayakan untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi. Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada hari sabtu, 23 Desember 2017, ada kunjungan dari dua orang tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan visitasi akreditasi progam studi SI Perbankan Syariah. Dua orang perwakilan BAN PT tersebut adalah Prof.Dr.H Akhmad Mujahidin,M.Ag  yang berasal dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Dian Masyita,SE.,MT.,Ph.D yang berasal dari Universitas Padjadjaran Bandung. Kehadiran beliau untuk keperluan akreditasi progam studi SI Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang.


Ketua Program studi SI Perbankan Syariah beserta jajarannya mendampingi tim asesor BAN-PT dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan verifikasi data, assessment lapangan, dan wawancara terhadap Dosen, mahasiswa, dan pengelola fakultas untuk mendapatkan data yang benar-benar valid. Kunjungan visitasinya kali ini, Prof.Dr.H Akhmad Mujahidin,M.Ag mengutarakan bahwa kegiatan ini dilakukan guna untuk sarana evaluasi dan memberikan rekomendasi bagi setiap progam studi yang akan di akreditasi supaya selanjutnya dapat mempunyai manajemen yang bagus dalam mengembangkan mutu pendidikan tinggi. Selanjutnya catatan penting dari Dian Masyita,SE.,MT.,Ph.D yaitu terkait dengan lulusan dari SI Perbankan Syariah mau di kemanakan? itu yang perlu dipikirkan oleh prodi.  Sedangkan Kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri atas:

1. Visi Misi Program Studi

Melingkupi roadmap penyusunan hingga evaluasi pemahaman terhadap visi dan misi program studi. komitmen civitas akademika Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang untuk mewujudkan sebuah Program Studi S1 Perbankan Syari’ah dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang jelas hasil refleksi civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo bersama pihak-pihak terkait.

2. Tata  Pamong, Kepemimpinan, sistem  Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu

Melingkupi penilaian apakah Sistem tata pamong berjalan secara efektif sesuai mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi

3. Kemahasiswaan dan lulusan

Melingkupi layanan akademik bagi mahasiswa dan keterserapan alumni di dunia kerja

4.Sumber Daya Manusia

Terkait dengan sistem seleksi. bagaimana sistem seleksi/perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik (termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis dan konsistensi pelaksanaannya).

5. Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi.

6. Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi

Keterlibatan aktif program studi harus tercerminkan dalam dokumen tentang proses perencanaan, pengelolaan dan pelaporan serta pertanggungjawaban penggunaan dana kepada pemangku kepentingan melalui mekanisme yang transparan dan akuntabel. penilaian juga meliputi aspek Kelengkapan sarana dan prasarana serta keterbukaan dan ketersediaan informasi kepada publik.

7. Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama

Terkait dengan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat baik lokal,nasional maupun internasional yang dilakukan oleh dosen program studi serta banyaknya kerjasama intsitusional yang terkait dengan program studi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *