Prodi D3 Perbankan Syariah Febi UIN Walisongo Selenggarakan Pembekalan Magang

 

Semarang- Program Studi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan pembekalan PKL/ Magang bertempat di Aula 1 lantai 2 UIN Walisongo Semarang (10/01). Jumlah mahasiswa yang mengikuti PKL / Magang sebanyak 107 Mahasiswa yang akan ditempatkan di Bank Syariah maupun BMT yang tersebar di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan PKL / magang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari hingga 2 bulan kedepan.

Praktik Kerja Lapangan (PKL)/ magang adalah kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman nyata dari instansi,Lembaga,atau organisasi yang berkaitan dengan kompetensi keilmuan yang dikembangkan oleh program studi perbankan Syariah. Kemampuan di bidang aplikasi sangat dibutuhkan untuk mahasiswa perbankan Syariah yang memiliki dua kegiatan aplikasi ilmu, yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PKL).

Secara administratif magang merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh seluruh mahasiswa prodi D3 Perbankan Syariah. Magang bisa diambil oleh mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik dan administrasi.Program magang,pertama sebagai sumbangsih Lembaga Pendidikan UIN Walisongo dalam mengembangkan Lembaga keuangan syari’ah. Kedua , sebagai media bagi mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman dan ketrampilan operasional Lembaga keuangan Syariah baik bank maupun non bank.

Lebih lanjut dalam paparannya  Dr.H.Ali Murtadlo selaku narasumber menyampaikan bahwa dalam magang nantinya mahasiswa diperlukan aklaq  yang baik sehingga menjadi cerminan mahasiswa UIN Walisongo, jangan sampai memalukan nama UIN Walisongo. Magang merupakan ajang untuk mengaplikasikan teori perkuliahan dengan praktik secara nyata.

Sebagai narasumber kedua Drs.Wahab,MM menyampaikan bahwa Tampilan mahasiswa magang harus mencerminkan UIN Walisongo Semarang, saudara sudah di ajarkan mata kuliah aplikasi komputer, mata kuliah manajemen bank Syariah dll. Seorang banker siap menerima tekanan seperti misalnya tekanan dalam pencapaian target nasabah,baik nasabah funding maupun nasabah lending. Belum lagi sebagai banker ada kasus hukum yang di ajukan oleh nasabah maupun masyarakat.  Acara pembekalan magang ditutup dengan pembacaan doa oleh A.Turmudzi,M.Ag selaku Sekretaris Jurusan D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Walisongo Semarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *