Diskusi Isu-Isu Ekonomi Islam Terkini Bersama Prof.Dr.Djamal Othman

Kamis- 1 Februari 2018, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang mengundang Prof.Dr.Djamal Othman dari Universiti Kebangsaan Malaysia untuk menjadi narasumber dalam Diskusi topik-topik Ekonomi Islam terkini dengan para  Dosen di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Diskusi dilaksanakan pada Pukul 14.00 – 16.00 WIB di Gedung Dekanat  Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Kegiatan Diskusi Ilmiah Dosen ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para dosen tentang isu-isu terkini ekonomi islam serta diharapkan dapat menumbuhkan budaya dosen untuk aktif dalam menulis karya ilmiah dan berbagi pengetahuan sesama dosen, Tema yang disajikan beragam disesuaikan dengan bidang yang dimilikiki narasumber. Dengan berbagai pengetahuan ini diharapkan akan tumbuh wawasan yang luas pada diri dosen, sehingga para dosen akan mengetahui ilmu-ilmu lain di luar bidangnya.

Pada Diskusi  Hari kamis 01 Februari 2018, Prof.Dr.Djamal Othman dari Universiti Kebangsaan Malaysia memaparkan perspektif islam tentang “Uang”,Mengapa harus ada kurs yang selalu berubah ubah. Kurs yang berubah-ubah dapat memiliki tujuan yang kurang baik karena dapat melemahkan mata uang negara lain, seperti misalkan dollar AS melemah maka rupiah menguat dan sebaliknya, Rupiah menguat maka ekspor turun begitu juga sebaliknya ketika rupiah turun maka pendapatan ekspor naik secara sederhananya adalah pemasukan ekspor akan lebih besar karena artinya pemasukan satu dolar AS akan bernilai lebih banyak dalam rupiah.

Dalam paparannya Prof.Djamal Othman juga menyampaikan ketidak adaan  exchange rate yang ada adalah harga barang itu sendiri,Uang dipakai secara aktif, uang tidak boleh memperoleh uang secara pasif tetapi secara aktif,di dalam syariah uang sebagai pengukur nilai. Tidak ada pembahasan  yang konsisten tentang perubahan mata uang  Kemudian beliau juga memaparkan tentang perbankan syariah: Indikator suskesnya perbankan syariah adalah kemaslahatan bersama , yang menjadi sulit adalah bagaimana konsistensi bank syariah menjalankan bisnisnya sesuai syariah islam


Dalam diskusi  ini terlihat antusiasme dari bapak ibu dosen peserta diskusi terhadap tema yang disajikan. Banyak pertanyaan dan masukan yang diajukan para diskusi tersebut. harapannya dengan kehadiran beliau di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam memberikan banyak manfaat khususnya bidang keilmuan yang berkaitan dengan ekonomi syariah/ ekonomi islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *