Prodi S1 Akuntansi Syariah Mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Ke IAI,OJK, dan BPKP

Melahirkan Mahasiswa yang berpendidikan serta memiliki kompetensi dan ketrampilan merupakan amanat dari pendidikan tinggi di Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dengan melihat tujuan tersebut, sudah sangat jelas bahwa lulusan dari perguruan tinggi diharapkan memiliki kemampuan akademik dan menjadi profesional sesuai  bidang ilmu pengetahuan yang ditekuni selama proses  kuliah. Sehingga, ketika seorang mahasiswa yang lulus dari  perguruan tinggi akan mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan akan lebih mudah diserap dunia kerja.

Perkuliahan memang merupakan pembekalan inti untuk memperoleh pengetahuan, akan tetapi hal tersebut tentu tidaklah cukup. Banyak terdapat perbedaan antara teori yang diperoleh saat proses kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sehingga masih diperlukan format bentuk pembekalan lain yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kenyataan yang terjadi di lapangan. Salah satu upaya pembekalan tersebut adalah adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disebut sebagai KKL.

Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan UIN Walisongo Semarang serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. maka Program Studi S1 Akuntansi Syariah merencanakan kegiatan melalui program Kuliah Kerja Lapangan/KKL. Pada dasarnya KKL yang diadakan Program Studi S1 Akuntansi Syariah memiliki tujuan yang setara dengan Renstra Program Studi, Restra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Renstra UIN Walisongo Semarang, dimana bunyi dalam Renstra di tahun 2020-an Program Studi S1 Akuntansi Syariah harus siap menghadapi tantangan global, baik itu dosen, mahasiswa maupun sivitas akademiknya.

Untuk menjawab permasalahan adanya perbedaan antara teori yang diperoleh saat proses kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, Prodi S1 Akuntansi Syariah mengadakan Kuliah Kerja Lapangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan KKL. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 26 sampai 30 April 2018 diikuti oleh  72 Mahasiswa dengan 6 dosen pembimbing Lokasi KKL yang dipilih adalah IAI Surabaya,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bali.

Pertimbangan Pemilihan tempat KKL adalah bahwa Program Studi S1 Akuntansi Syariah memandang perlu adanya peningkatan pemikiran mahasiswa Program Studi  Akuntansi Syariah terhadap sistem keuangan di Indonesia baik di instansi pemerintah maupun swasta. Dengan adanya pengenalan tersebut maka dapat menambah wawasan mahasiswa serta menciptakan kepercayaan diri mereka agar dapat bersaing secara nasional dan internasional. Kemajuan mereka berpikir berproses dari saat mereka dalam perkuliahan sehingga saat lulus mereka telah siap menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *