Workshop Manajemen Referensi Jurnal Ilmiah Berbasis Apilkasi Mendeley dan Sosialisasi Aplikasi Anti Plagiarisme

Plagiarisme menjadi permasalahan yang cukup meresahkan dikalangan kampus. Hal ini disebakan karena perkembangan plagiarisme itu sendiri sangat subur di lingkungan kampus. Marakanya plagiarisme disebabkan karena minimnya pengetahuan para civitas akademika tentang cara untuk meminimalisir praktik tersebut. Karena pada dasarnya penyebab plagiarisme itu sendiri paling tidak berasal dari dua faktor yaitu karena kesengajaan dan karena ketidaksengajaan. Faktor kesengajaan dilatarbelakangi oleh adanya niat dari sipelaku untuk melakukan hal demikian, hal ini biasanya disebabkan karena terbatasnya waktu, terbatasnya pengetahuan dan sebagainya, yang menuntutnya untuk memilih jalan alternatif dengan cara melakukan plagiarisme. Di sisi yang lain, praktik plagiarisme disebabkan karena unsur ketidaksengajaan, hal ini biasanya terjadi karena seseorang tidak memahami teknik-teknik untuk menghindari praktik tersebut, misalnya disesbkan karena salah mengutip.

“Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.”

Dengan demikian, perlu adanya sosialisasi untuk meminimalisir praktik tersebut. Sosialisasi yang diuapayakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dinisiasi oleh Ferry khusnul Mubarok yang berkordinasi dengan Pihak Pimpinan Fakultas, Tim Diskusi Fakultas, dan TIm Jurnal Ekonomika untuk mengadakan kegiatan Workshop dengan tema “Workshop Manajemen Referensi Jurnal Ilmiah Berbasis Apilkasi Mendeley dan Sosialisasi Aplikasi Anti Plagiarisme” pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini dikemas dengan kegiatan workshop sederhana, dengan menghadirkan dua narasumber internal yaitu Dede Rodin, Lc,. M.Ag, dan Nasrul Fahmi Zaki Fuadi, Lc., M.Si,.

Rangkaian acara tersebut dibagi kedalam beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan dan sesi worshop. Sesi pembukaan diawali oleh MC, dan Pembukaan secara resmi disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu Dr. H. Imam Yahya, M.Ag, dan diteruskan dengan arahan oleh Wakil Dekan I yaitu Dr. Ali Murtadho. M.Ag. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa pentingnya civitas akdemika untuk memahami berbagai teknik-teknik untuk menghindari praktik plagiarisme, mengingat karya-karya penelitian baik oleh mahasiswa maupun Dosen sangat dekat dengan praktik tersebut. Sehingga penting bagi kita untuk memahami hal tersebut.

Modul Mendeley dapat didownload melalui link berikut. Mendeley 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *