Perkuat Output, Jurusan Ekonomi Islam Selenggarakan Evaluasi Magang bersama Mitra Kerja

Bertempat di Hotel Candi Indah Semarang, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam menyelenggarakan kegiatan  Evaluasi Magang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada kamis 04 Oktober 2018 dengan peserta 13 orang perwakilan dari Mitra kerja dan peserta lainnya merupakan para pembimbing Magang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo adalah Fakultas yang secara akademik selalu berupaya mencetak sarjana-sarjana S.1 yang handal dalam penguasaan materi ekonomi Islam, baik secara teoritis maupun praktis. Selain membekali mahasiswa dengan pengetahuan Ekonomi Islam teoritis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam juga membekali mereka dengan pengalaman-pengalaman lapangan, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah dasar keahlian dan mata kuliah profesi yang menjadi kompetensinya. Dengan demikian diharapkan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam nanti dapat menjadi sarjana yang memiliki kemampuan yang memadai disamping juga memiliki kemampuan professional yang mapan.

Berangkat dari pemikiran tersebut, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam perlu melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di lembaga yang berkaitan dengan keahlian praktis mahasiswa. PPL dilaksanakan di Lembaga bisnis, lembaga Pelayanan Publik dan lembaga Keuangan syari’ah. Tempat PPL di wilayah Jawa Tengah  yang meliputi dalam kota Semarang, Luar Kota dalam Karisidenan Semarang, luar kota luar Karisidenan Semarang.

Pemilihanan  tempat dan kegiatan di atas, mendukung kegiatan PPL ini untuk memperluas wawasan dan profesionalisme keahlian mahasiswa, sesuai dengan kompetensinya, antara lain: a). Mengenalkan mahasiswa pada dunia bisnis atau pelayanan publik. b). Menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa. c). mengasahi ketrampilan usaha di lembaga keuangan syari’ah atau lembaga bisnis syari’ah  d). mengasah kemampuan manajemen bisnis. e). memberi pengalaman berbisnis dan bekerja.

Pada kesempatan diskusi banyak sekali masukan-masukan dari mitra kerja seperti dari BPPTAK ( Disperindag jateng ):(4 mahasiswa cukup bagus,perlu ditingkatkan lagi kemandiriannya, percaya dirinya.  Anak-anak bisa mengikuti arahan dari pegadaian.) Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang: (Sebelum terjun dilapangan kalau memungkinkan diberi waktu untuk pembekalan terlebih dahulu karena eranya sudah berbeda .Dipegadaian banyak produknya tidak hanya simpan pinjam saja. Anak magang menjadi tangan kanan setelah selesai magang sehingga dapat menyampaikan produk-produk pegadaian).RSI Sultan Agung: Keterbatasan waktu menyebabkan Knowledge yang didapatkan masih kurangDPMPTSP: kami membuka waktu magang untuk 2 sampai 3 bulan,karena intansi sangat terbantu dengan adanya mahasiswa magang). dan dari isntansi-instansi yang lain yang kurang lebih menyampaikan hal yang sama yaitu terkait dengan lama waktu dan  kompetensi yang diperlukan

Kegiatan PPL tersebut di atas diharapkan dapat sejalan dengan perkembangan dunia kerja dan dunia bisnis, sehingga dipandang perlu dilakukan kegiatan evaluasi sebagai upaya untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan ke arah yang positif sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas / mutu kegiatan penyelenggaraan Praktek Pengalaman lapangan ( PPL). Penguatan Relationship dengan Mitra Kerja FEBI dalam upaya meningkatkan kualitas Praktek Pengalaman lapangan (PPL) juga dipandang perlu dilakukan supaya output kegiatan PPL dapat maksimal. Penguatan hubungan dengan Mitra kerja juga diharapkan dapat membuka lebar-lebar informasi lowongan pekerjaan yang tersedia di dalam dunia kerja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *