Sarana dan Prasarana FEBI Walisongo

 

 

 

 

 

 

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islamini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung penyelenggaraan kuliah, praktikum maupun penelitian. Fasilitas ini meliputi:

Lembaga Penunjang Tri-Darma Perguruan Tinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam saat ini memiliki beberapa lembaga yang mendukung pelaksanaan Tri-Darma perguruan Tinggi sebagai berikut:

  1. Lembaga Penerbitan (Jurnal Economica)
  2. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (LP2EI)
  3. Lembaga Riset Ekonomi Islam (L-REIS)
  4. Lembaga Pengembangan Karier dan Kewirausahaan
  5. Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS)

Ruang kuliah

IAIN Walisongo memiliki 3 lokasi kampus dengan luas total mencapai 192.562 M2. Dalam 3 lokasi tersebut terdapat 15 gedung kuliah yang masing-masing terdiri lebih dari 20 ruang kelas. Fasilitas ruang kuliah, selain perlengkapan standar, juga dilengkapi dengan OHP, Komputer, dan LCD Projector. Semua ruang kuliah telah memenuhi standar pendidikan nasional.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menempati lokasi Kampus III IAIN Walisongo. Ruang kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Walisongo terdiri atas gedung H dan L ( 12 ruang kelas). Semua gedung  disetting sebagai smart class, yang menggunakan LCD sebagai sarana pembelajaran. Fakultas menyadari bahwa ketersediaan gedung menjadi salah satu kunci utama dalam upaya menyelengarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga terus diupayakan penambahan gedung perkuliahan.

Perpustakaan

IAIN Walisongo memiliki Gedung Perpustakaan Pusatyang luasnya 9.000 m2 dan hingga tahun 2009 telah mempunyai koleksi lebih dari 20.102 judul buku referensi dengan 70.525 eksemplar. Jumlah itu belum termasuk jurnal, mikrochife, majalah, jurnal, surat kabar, disertasi, tesis, dan skripsi. Perpustakaan juga dilengkapi dengan 54 unit kumputer dan jaringan LAN di dua gedung yang masing-masing berlantai dua seluas 2.200 M2. Operasinalisasi perpustakaan didukung oleh seorang kepala dan 17 staf, 5 diantaranya adalah tenaga pustakawan. Disamping itu, setiap fakultas juga memiliki perpustakaannya sendiri dengan koleksi yang lebih fokus pada bidang ilmu masing-masing. Sampai saat ini terus diusahakan penyempurnaan terhadap pemenuhan kebutuhan buku-buku di perpustakaan melalui dana Pengembangan Kampus IAIN ke UIN bantuan dari IDB.

Laboratorium

Untuk menunjang proses pembelajaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Walisongo  saat ini memiliki sejumlah laboratorium sebagai berikut:

No Laboratorium Pengembangan
1. Laboratorium Mini Bank Syari’ah
  • Bekerja sama dengan Bank-Bank Syari’ah & BMT untuk mengadakan pelatihan/ training bagi mahasiswa serta alumni dalam rangka menjadi bankir Syari’ah yang professional.
  • Menjadi klinik mahasiswa dalam praktek perbankan syari’ah.
2. Laboratorium Komputer & Akuntansi
  • Bekerja sama dengan lembaga kursus, untuk mengadakan pelatihan/ training bagi civitas akademika Fakultas Syari’ah dan pihak lain dalam bidang keahlian komputer, misalnya: aplikasi office, akuntansi, SPSS, MYOB, statistik, dll.
  • Menjadi Warnet “terbatas”
3. Laboratorium Pasar Modal / Galeri Investasi
  • Bekerja sama dengan BNI sekuritas, LP3M dan lembaga lainnya yan terkait, untuk mengadakan pelatihan/ training bagi civitas akademika Fakultas Syari’ah dan pihak lain dalam bidang keahlian pasar modal.
  • Memberikan pelayanan konsultasi;

Jejaring Kelembagaan

Jejaring kelembagaan ini dimaksudkan untuk menunjang proses pembelajaran dan menambah kompetensi mahasiswa, baik secara teoritis dan praktis. Beberapa lembaga tersebut antara lain Bank Indonesia, BNI Syari’ah, BNI Sekuritas, Bank Syari’ah Mandiri (BSM), Bapepam LK, Bursa Efek Indonesia, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal (LP3M),

Disamping MoU antara Fakultas dengan pihak lain, MoU juga dilakukan di tingkat institut (rektorat). MoU ini dilakukan untuk menanungi kepentingan-kepentingan semua fakultas di lingkungan IAIN Walisongo. Dalam hal ini IAIN Walisongo telah melakukan kerjasama dan MoU dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri, serta instansi terkait. Kerjasama dan MoU dengan lembaga dalam negeri, antara lain :

  • Bank Indonesia Jawa Tengah, dalam bidang beasiswa, seminar, perpustakaan, dan KKL;
  • Lembaga Bank dan Non-Bank di sekitar Jawa Tengah, dalam bidang PKL/ Magang Prodi D3-PBS;
  • Lembaga Perbankan, antara lain BNI Syari’ah, BNI Sekuritas, BSM dalam pengembangan akademik (training, kuliah, seminar dan penelitian).
  • Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (kini beralih ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)), Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam bidang penelitian, pertukaran informasi dan data ilmiah serta peningkatan kualitas pengkajian di bidang pasar modal syari’ah dan lembaga keuangan syari’ah non-bank, serta aktifitas Pojok Bursa Kampus Fakultas Syari’ah;
  • Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LP3M) “INVESTA”, dalam bidang penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pasar modal;
  •  Perusahaan Securitas, dalam bidang pelatihan dan penanaman saham serta KKL.

Fasilitas Pendukung

Di IAIN Walisongo Semarang terdapat beberapa sarana/fasilitas yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Sarana dan fasilitas ini dikelola oleh Unit-unit di lingkungan IAIN Walisongo Semarang. Beberapa contoh yang dapat disebutkan disini misalnya: Ma’had,PUSKOM (Pusat Komputer), SAC (Student Advisory Council), Sport Centre (Fasilitas Olah Raga dan Seni). Selain di PUSKOM disetiap Jurusan juga terdapat laboratorium komputasi yang dikelola oleh Jurusan yang dapat digunakan untuk kepentingan mahasiswa. Di Gedung Fakultas yang sedang dibangun akan tersedia jaringan akses ke internet dengan fibre optic dalam kampus UIN yang didesentralisasikan ke berbagai jurusan.

Ma’had

Ma ‘had terdiri dari 5 gedung  berlantai 4 (empat) yang diperuntukkan mahasiswa Tahun Pertama. Daya tampung Ma’had saat ini adalah 1500 mahasiswa. Saat ini sedang dibangun pengembangan Ma’had yang akan dapat menampung 2000 mahasiswa baru, sehingga nantinya secara keseluruhan akan dapat menampung 3500 mahasiswa baru.

Masjid

IAIN Walisongo memiliki 3 Masjid di tiga lokasi kampus, yakni Masjid di Kampus I seluas 225 M2, Masjid di Kampus II seluas 1.232 M2, dan Masjid di Kampus IIIseluas 289M2. Semua masjid itu bisa menampung lebih dari 3500 jama’ah.

Poliklinik Umum dan Gigi IAIN Walisongo Semarang

Poliklinik ini melayani mahasiswa, karyawan dan dosen, buka setiap hari. Poliklinik IAIN Walisongo memiliki dokter umum, dokter gigi dan psikiater. Merupakan wujud pelayanan UIN kepada Civitas Academika.

Fasilitas Olah Raga

Fasilitas olah raga yang ada di UIN terdiri dari: lapangan tenis, lapangan volley, lapangan sepak bola dan Sport Centre yang merupakan gedung serba guna indoor, untuk berbagai kegiatan olah raga dan seni dengan luas lebih kurang 3.500 m2. Sport center merupakan gedung 3 lapis, yang memiliki balkon dan tribune. Gedung ini memiliki daya tampung sekitar 5000 orang yang dilengkapi dengan berbagai ruang pada landai satu.

Auditorium

Auditorium IAIN Walisongo cukup luas terdapat di kampus I  dan Kampus III. Auditorium ini dipakai untuk menunjang kegiatan-kegiatan baik akademik maupun lainnya, misalnya untuk seminar, konferensi, wisuda, dan lain-lain.

Bisnis Centre

Bisnis Centre merupakan unit usaha koperasi yang siap melayani kebutuhan anggota, mahasiswa dan masyarakat sekitar. Bisnis Centre juga dilengkapi dengan Bank dan Kantin. Kantin yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas kemudahan bagi mahasiswa, menyediakan menu masakan dengan harga yang terjangkau.

Hotspot Area

Informasi dan teknologi merupakan sarana pembelajaran yang cepat, efektif dan efesien, sehingga internet menjadi kebutuhan vital bagi mahasiswa dan dosen. Di lingkungan fakultas tersedia jaringan hotspot area yang free di beberapa titik, seperti di sekitar gedung Laboratorium, gedung perkuliahan, ruang dosen dan gedung perpustakaan Institut.

 

Sejalan dengan itu semua, pada tahun 2013 juga terialisasi program IDB yang perencanaannya akan membangun sarana dan prasarana UIN sudah termasuk satu maket lengkap Fakultas dan di dalamnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai realisasi program Islamic Development Bank (IDB).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *