Sinergi FEBI Dengan Lembaga Keuangan Syariah

evaluasi magang d3

Prodi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan “Evaluasi Praktik Kerja Lapangan ( PKL )/ Magang dan silahturahmi dengan mitra kerja” yang dilaksanakan di Hotel Pandanaran ,( 04/04). Panitia penyelenggara mengundang   24 lembaga / Instansi Mitra kerja dan 20 Pembimbing PPL serta 19 orang.

Lembaga mitra kerja yang diundang adalah sebagai berikut : Bank Syariah Mandiri KC Semarang, Bank Jateng Syariah KC Semarang, BRI Syariah KC Semarang, BTN Syariah KC Semarang, Bank CIMB Niaga Syariah KC Semarang, BPRS Binama Semarang, BPRS AS’AD ALIF Sukorejo, BMT Binama Semarang, BMT Walisongo Mijen, BMT Al Hikmah Ungaran, BMT El Amanah Kendal, BMT Aulia Magelang, BMT Marhamah Wonosobo, BMT Tamzis Wonosobo, BMT Arthamadina Batang, BMT Bina Umat Sejahtera Lasem, BMT Yaummi Maziyah Assa’adah Pati, BPRS Suriyah KC Kudus, BPRS Galamitra Abadi Purwodadi.

Dr.H.Imam Yahya,M,Ag selaku Dekan dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktif dalam kegiatan sarasehan evaluasi PKL/ Magang serta kerja sama yang telah terjalin. Magang adalah  proses menyelaraskan antara kurikulum yang kami siapkan dengan geliat dunia kerja. Kita semua berharap, ada generasi ke depan yang produktif. Karena itu, perlu adanya sinergi antara kami dengan para mitra magang.

Kegiatan PKL/Magang merupakan bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu, sehingga diperlukan sinergi antara lembaga pendidikan dengan lembaga kerja.

Salah satu wujud nyata sinergi FEBI dengan Mitra kerja adalah kegiatan penanda tanganan MOu dan PKS ( Perjanjian Kerja Sama) dengan BPRS As”ad Alif Sukorejo, KSPSS Amanah Usaha Mulia Magelang, KJKS BMT Al Hikmah Ungaran.

Masukan-masukan dari para mitra magang sangat bervariatif seperti : Penambahan durasi waktu menjadi 2 bulan, Mengembangka Akad-akad untuk Lembaga tempat magang, Pelibatan mahasiswa dalam berbagai event ditempat magang, Pemberian target pada saat ditempatkan ditempat magang, Peningkatan Softskill pada peserta magang, perlunya peningkatan jiwa wirausaha karena  sebagaian  peserta menyukai pekerjaan  di back office, Peserta harus bisa selling produk pembiayaan atau funding dan yang terakhir adalah pengembangan kerja sama mengenai karir (Carer Centre) dengan UIN Walisongo Semarang.

Adanya ketimpangan akademis dan realitas di lapangan kerja sehingga dirasa perlu penigkatan pengetahuan tentang literasi keuangan syariah. Harapannya akan ada SDM dari praktisi yang mengisi ketimpangan di atas. Harapannya kedepan kegiatan Praktik Pengalaman lapangan dapat ditingkatkan baik dari sisi kualitas kegiatan maupun kualitas keilmuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *