Prodi S1 Ekonomi Islam FEBI UIN Walisongo Menyelenggarakan Kegiatan Pembekalan KKL

foto kkl ei-min

Dalam rangka mengawali pelaksanaan Kuliah Kerja lapangan (KKL) Mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEBI UIN Walisongo Semarang, Panitia menyelenggarakan pengarahan dan pembekalan KKL pada hari kamis, (20/04) yang bertempat di Gedung Aula 1 lantai 1 UIN Walisongo.  Kegiatan pembekalan berisi materi baik berupa administratif maupun koordinatif. Melalui pembekalan ini mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri agar pada saat pelaksanaan KKL mahasiswa dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik serta proaktif.

Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dengan melihat tujuan tersebut, sudah sangat jelas bahwa lulusan dari perguruan tinggi diharapkan memiliki kemampuan akademik dan menjadi profesional sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan yang ditekuni di bangku kuliah. Sehingga, ketika seorang mahasiswa yang lulus dari  perguruan tinggi akan mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan akan lebih mudah diserap dunia kerja.

Perkuliahan memang merupakan kegiatan inti didunia kampus untuk memperoleh pengetahuan, akan tetapi hal tersebut tentu tidaklah cukup. Banyak terdapat gap antara teori yang diperoleh saat kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sehingga masih diperlukan bentuk kegiatan lain yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kenyataan yang terjadi di lapangan. Salah satu upaya membekali mahasiswa adalah dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disebut sebagai KKL.

Sebelum kegiatan KKL dilaksanakan terlebih dahulu diadakan kegiatan pembekalan. Kegiatan pembekalan  KKL diharapkan dapat menjadi sarana untuk “pengenalan” kira-kira bagaimanakah pola bisnis / budaya kerja suatu lembaga kerja yang nantinya akan mereka kunjungi. Kegiatan pembekalan tersebut merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, khususnya mahasiswa yang sudah semester enam.

Dalam Sambutannya Dekan FEBI UIN Walisongo  Dr.H.Imam Yahya,M.Ag menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti program KKL nantinya selepas KKL, mahasiswa sudah ada plan untuk membuat bisnis/ berwirausaha dan nantinya kemungkinan akan ada yang dibiayai oleh fakultas “ ungkapnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya Ketua Panitia  M.Nadzir,M.Ag  menyampaikan harapan dan nasehat kepada mahasiswa untuk menyimak dan memperhatikan betul materi yang disampaikan agar pada saat KKL nanti saudara sudah mempunyai pengetahuan tentang lembaga yang dikunjungi. Kegiatan ini berlangsung meriah karena dimoderatori oleh  salah satu dosen muda di lingkungan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam yaitu Wasith,Lc.M.E.I . Kegiatan pembekalan berakhir pukul 12.00 WIB

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *