Prodi Perbankan Syariah sebagai Prodi Terfavorit di SPAN-PTKIN UIN Semarang

DSC_1638

Berdasarkan hasil pendaftaran calon mahasiswa baru UIN Walisongo jalur SPAN-PTKIN, S.1 Perbankan menempati urutan pertama dari 27 Prodi yang ditawarkan pada tahun akademik 2017/2018 ini. Jumlah peminat Prodi Perbankan Syariah tercatat 3956 dari semua pendafatra UIN Walisongo Semarang sebanayak 34.166 pendafatar.

Jumlah tersebut menggeser Prodi Favorit yang selama ini bertengger yakni Prodi PAI di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Diakui oleh Wakil Rektor 1, Dr. Musahadi, MA., tahun ini peminat Perbankan Syariah di SPAN PTKIN membeludak, karena dari kuota 76 mahasiswa, pendaftar PTN pertama untuk Prodi Perbankan Syariah berjumlah 1694 calon mahasiswa. Semenetara Prodi PAI berpindah ke urutan kedua dan urutan ketiga diduduki Prodi Ekonomi Syariah FEBI dengan jumalh pendaftar 3314.

Ditambahkan oleh Dekan FEBI, Imam Yahya, favoritnya Profi-prodi yang ada di Fakultas nya disebabkan oleh pangsa pasar kerja yang menjanjikan. Hal ini memacu Fakultasnya agar lebih meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga out put yang dihasilkan sesuai dengan minat masyarakat yang antusias terhadap prodi prodi yang ada du FEBI.

Hingga saat ini FEBI memiliki 5 Prodi yakni; D.3 Perbankan Syariah, S.1. Perbankan Syariah, S.1 Akuntansi Syariah, S.1 Ekonomi Islam dan S.2 Ekonomi Syariah. Menurut Dekan FEBI, Fakultasnya sedang menanti turunnya SK dari Menristek Dikti perihal pengusulan Prodi baru Manajemen, yang sekarang ini sudah masuk dalam daftar Lemkerma Ristek Dikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *