SEKILAS INFO
19-02-2019
  • 2 minggu yang lalu / Pengumuman Beasiswa Baznas 2019–> Kolom pengumuman
  • 3 minggu yang lalu / SK Dosen Wali TA 2018/2019 –> Menu Download
  • 3 minggu yang lalu / Aturan pembayaran SPP dan UKT Mahasiswa UIN Walisongo –> lihat Pengumuman
29
Apr 2016
0
Diskusi Ilmiah Dosen  Guest Lecture From Al Azhar- Egypt

 

Salah satu kegiatan rutin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang adalah Diskusi Ilmiah Dosen yang diselenggarakan 2 minggu sekali pada hari Rabu Pukul 13.00 -15.00 WIB di Gedung H Ruang HI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Kegiatan Diskusi Ilmiah Dosen ini dimaksudkan untuk menumbuhkan budaya dosen untuk aktif dalam menulis karya ilmiah dan berbagi pengetahuan sesama dosen, Tema yang disajikan beragam disesuaikan dengan bidang yang dimilikiki narasumber. Dengan berbagai pengetahuan ini diharapkan akan tumbuh wawasan yang luas pada diri dosen, sehingga para dosen akan mengetahui ilmu-ilmu lain di luar bidangnya.

Pada Diskusi Ilmiah Dosen hari Rabu tanggal 26 april 2016 ,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam mengundang Guest Lecture sebagai narasumber adalah M.Sayed Refaiey Ali dari Universitas Al Azhar- Mesir, dengan moderator pada kesempatan kali ini Dosen Jurusan Ekonomi Islam wasyith, LC.M.E.I. Dalam kesempatan Diskusi Ilmiah Dosen kali Ini topik yang dibahas adalah Urgensi Bahasa Arab dalam Rancangan Bangun Keilmuan Ekonomi Islam , Beliau memaparkan Ekonomi mainstream saat ini terlalu mengabaikan spiritualitas. Sistem ekonomi saat ini menciptakan pertumbuhan, tapi gagal menawarkan kesejahteraan hakiki. Ekonomi Islam hadir menawarkan keseimbangan dimensi materi & spiritual sekaligus, lebih lanjut M.sayed Refaiey Ali menjelaskan bahwa Di sinilah peran kita.

Di antaranya, bagaimana menggali khazanah keilmuan ulama kita yang begitu menaruh perhatian pada berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya kajian keagamaan, ulama kita ternyata piawai dalam menggambarkan fenomena perekonomian dan menyajikan solusinya.
Dalam diskusi dosen ini terlihat antusiasme dari bapak ibu dosen peserta diskusi terhadap tema yang disajikan. Banyak pertanyaan dan masukan yang diajukan para diskusi dosen, mulai dari pertanyaan yang paling dasar sampai pertanyaan yang bersifat aplikatif.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.