SEKILAS INFO
20-08-2019
  • 2 bulan yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
  • 5 bulan yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
17
May 2016
0
Diskusi Ilmiah Dosen  Kontribusi Pondok Pesantren

Salah satu kegiatan rutin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang adalah Diskusi Ilmiah Dosen yang diselenggarakan 2 minggu sekali pada Pukul 13.30 – 15.30 WIB di Ruang HI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.UIN Walisongo Semarang (17/05). Kegiatan Diskusi Ilmiah Dosen ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan sesama dosen, Tema yang disajikan beragam disesuaikan dengan bidang yang dimiliki narasumber. Dengan berbagai pengetahuan ini diharapkan akan tumbuh wawasan yang luas pada diri dosen, sehingga para dosen akan mengetahui ilmu-ilmu lain di luar bidangnya.

Pada Diskusi Ilmiah Dosen hari selasa tanggal 17 Mei 2016 ,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam mengundang Guest Lecture sebagai narasumber adalah Najahan Musyafak. Dalam kesempatan Diskusi Ilmiah Dosen kali Ini beliau membahas tema  kepemimpinan inovatif kyai Pesantren di Era Globalisasi . Beliau memaparkan bahwa dalam era globalisasi Kyai Pesantren harus ikut memiliki pemikiran inovatif salah satunya mengembangan IT sebagai tranformasi tradisional menuju era globalisasi dan mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar pesantren.

Narasumber kedua yaitu Muhamad Nadzir ,S.H.I, M.H.I beliau merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, beliau memaparkan bahwa pesantren hendaknya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar. Kwajiban pesantren adalah selain mendidik santri juga mendidik masyarakat seperti mengembangkan perekonomian masyarakat agar pesantren tidak tereliminasi oleh masyarakat itu sendiri.
Dalam diskusi dosen ini terlihat antusiasme dari bapak ibu dosen peserta diskusi terhadap tema yang disajikan. Banyak pertanyaan dan masukan yang diajukan para diskusi dosen, mulai dari pertanyaan yang paling dasar sampai pertanyaan yang bersifat aplikatif.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.