SEKILAS INFO
25-08-2019
  • 2 bulan yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
  • 5 bulan yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
17
Nov 2016
0
National Islamic Accounting Olympiad 2016

(Rabu, 16/11) FEBI UIN Walisongo Semarang berupaya ikut serta dalam meningkatkan kualitas dan kreativitas Intelektual mahasiswa Indonesia. Salah satu wujud dari upaya tersebut adalah melalui kompetisi bertaraf nasional dengan penyelenggaraan event Olimpiade Akuntansi Syariah Tingkat Nasional (National Islamic Accounting Olympiad) 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keahlian mahasiswa dalam keterampilan akuntansi syariah secara teori dan praktik. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memecahkan kasus dengan terperinci dari permasalahan-permasalahan akuntansi secara global.

Event ini merupakan olimpiade akuntansi syariah skala nasional di tingkat Perguruan Tinggi. Olimpiade diikuti oleh 21 Tim dari Perguruan Tinggi skala nasional diantaranya adalah: UIN Walisongo Semarang selaku tuan rumah, Universitas Pandanaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung,IAIN Surakarta, Politeknik Negeri Semarang, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Ampel.

Bertindak sebagai juri Dr.H.Ali Murtadho,M.Ag ( Ikatan Ahli Ekonomi Islam), Ratno Agriyanto, S.Pd,M.Si.,Akt ( IAI), Agung Yulianto, S.Pd, M.Si ( Universitas Negeri Semarang). Mekanisme lomba melalui 3 tahapan. Tahapan Lomba yang pertama : peserta lomba mengerjakan soal tertulis secara umum setelah sebelumnya dikelompokkan kedalam 2 kelompok ( kelompok Konvensional dan Kelompok Syariah). Kelompok konvensional berasal dari perguruan tinggi seperti UNDIP,UNNES, STIE SEMARANG, UNIVERSITAS PANDANARAN, UNISSULA, Sedangkan Kelompok Syariah berasal dari perguruan tinggi seperti: UIN WALISONGO, IAIN SURAKARTA, POLINES,UIN SUNAN KALIJAGA,UIN SUNAN AMPEL,UNISSULA.

Tahap Kedua: Setelah dilakukan penyisihan pada Tahap 1 kemudian di ambil 4 skor tertinggi untuk kelompok konvensional dan 4 skor tertinggi untuk kelompok syariah. Kelompok Syariah terdiri dari 2 mahasiswa UIN Walisongo, 1 UIN Sunan Ampel dan 1 UIN Sunan Kalijaga. Kelompok Konvensional terdiri dari 2 mahasiswa UNNES, 1 Mahasiswa UNDIP dan I Mahasiswa UNISSULA kemudian dilakukan undian untuk membagi peserta kedalam 4 grup : Grup A ( UNNES, UIN Walisongo), Grup B ( UNNES, UIN Walisongo), Grup C (UIN Sunan Ampel), Grup D ( UNISSULA, UIN Sunan Kalijaga)

Tahap ketiga : dilakukan lomba cerdas cermat. Hasil nilai pada kelompok diakumulasikan dengan skor perolehan pada tahap 1. Setelah melalui tahap penyisihan dengan kompetisi yang ketat akhirnya Juara 1 kategori konvensional diraih oleh mahasiswa UNDIP, juara kedua diraih mahasiswa UNNES, Juara 3 UNISSULA dan juara Harapan 1 diraih oleh UNNES) sedangkan Juara 1 kategori Syariah dimenangkan oleh mahasiswa dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan juara 2 diraih oleh Tuan Rumah UIN Walisongo, Juara 3 UIN Sunan Kalijaga, Harapan 1 UIN Walisongo). Masing-masing Juara 1 mendapatkan Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp 1.500.000. Penyerahan hadiah dilakukan secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Dr.H.Imam Yahya, M.Ag.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.