SEKILAS INFO
21-08-2019
  • 2 bulan yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
  • 5 bulan yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
5
Jan 2017
0
Prodi DIII Perbankan Syariah FEBI UIN Walisongo  Menyelenggarakan Kegiatan  Pembekalan PKL/ Magang

 

Dalam rangka mengawali pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) / Magang Mahasiswa Prodi DIII Perbankan Syariah FEBI UIN Walisongo Semarang, Panitia menyelenggarakan pengarahan dan pembekalan PKL/ Magang,(Kamis,5/1). Kegiatan pembekalan berisi materi baik berupa administratif maupun bekal pengalaman untuk memasuki kegiatan di lapangan. Melalui pembekalan ini mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri agar tidak kaget dengan budaya kerja yang akan di alami selama Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh mahasiswa Prodi DIII Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, khususnya mahasiswa yang sudah semester lima, ini merupakan persiapan mereka untuk PKL / magang di lembaga Perbankan. Acara pembekalan PKL / magang yang di ikuti oleh 197 Mahasiswa Prodi DIII Perbankan Syariah diselenggarakan di Aula 1 lantai 2 Kampus UIN Walisongo Semarang.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Dalam Sambutannya Dekan FEBI UIN Walisongo Dr.H.Imam Yahya,M.Ag menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti program magang sebanyak 197 mahasiswa/i. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan himbauan supaya pada saat magang peserta magang dapat beradaptasi /menyesuaikan dengan tempat magangnya, baik dari sisi kerapian dalam berbusana serta dapat senantiasa menjaga kebersihan. Magang adalah cara kita mempromosikan diri manfaatkan magang dengan sebaik-baiknya. Beliau juga menceritakan pengalamannya waktu akan bertransaksi keuangan di salah satu bank kemudian beliau di sapa oleh salah satu pegawai bank tersebut yang ternyata mahasiswi magangnya. Bagi beliau pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang mengesankan karena mahasiswi tersebut dalam kegiatan magangnya sudah melakukan adaptasi dengan baik dan sesuai SOP tempat magangnya. “sudah sangat mirip dengan pegawai bank sungguhan ” ungkap beliau.

Lebih lanjut dalam sambutannya Ketua Panitia A. Turmudzi,M.Ag menyampaikan harapan dan nasehat kepada mahasiswa untuk menyimak dan memperhatikan betul materi yang disampaikan agar pada saat magang nanti saudara sudah mempunyai bekal pengetahuan mengenai aktivitas dan budaya kerja dalam dunia perbankan.

Acara pembekalan magang menghadirkan narasumber Praktisi dari BMT Amanah Usaha Mulia Magelang Bapak Rudi Rusmanto Dalam pemaparannya beliau menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang meliputi faktor sosial, politik, masyarakat, serta faktor perbankan. mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang faktor-faktor tersebut karena keempat faktor tersebut berkaitan erat dengan dunia bisnis perbankan. Untuk suskes di perbankan isu-isu dari keempat faktor tersebut hendaknya dikuasai.

Narasumber kedua yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Praktisi Bank Jateng Syariah KC Semarang Ibu Gunawati yang membahas standar SDM Ekonomi Syariah, cara penampilan, serta peluang dan tantangan dalam perbankan. Standar pendidikan harus sesuai dengan kualifikasi jabatan, kemampuan tentang ilmu ekonomi syariah, kemampuan berkomunikasi dengan baik mendasari kemampuan bersikap. kegiatan pembekalan ini berlangsung meriah. Dimoderatori oleh Sokhikhatul Mawadah,M.E.I ( Dosen DIII Perbankan Syariah) acara diselenggarakan hingga pukul 12.00 WIB.

Di akhir acara pemateri memberikan nasihat untuk mahasiswa. Pertama, Etika dalam bekerja yaitu terus belajar untuk menambah ilmu, jujur dan bersikap baik, disiplin dan loyalitas. Kedua, Etika dalam magang yaitu memberikan kesan pertama yang baik, berpenampilan rapi, aktif bertanya dan menjalankan perintah dari supervisor, datang ke kantor tepat waktu, jaga kesopanan dan maksimalkan kemampuan. Harapan dari terselenggaranya kegiatan PKL / Magang kedepan Mahasiswa memiliki pemahaman praktek penerapan suatu teori Perbankan Syariah yang secara kongrit dan untuk meningkatkan ketrampilan yang lebih riil yang diperoleh dengan terjun langsung ke dunia perbankan dan lembaga keuangan Syariah. Oleh karena itu pada praktiknya, PKL/ magang memerlukan kemampuan pengetahuan sekaligus keterampilan teknis.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.