SEKILAS INFO
18-06-2019
  • 2 minggu yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 4 minggu yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
15
Aug 2018
0
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Menjadi  Ukuran Mutu Perkuliahan

RENCANA Pembelajaran Semester (RPS) menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pengajaran dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Walisongo Semarang terhadap mahasiswa. Selain RPS, sejumlah program lain seperti, pemonitoran, evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa juga turut mendukung keberhasilan tersebut. Semua itu dilakukan untuk menjaga mutu pembelajaran.

”RPS, pemonitoran, dan evaluasi kinerja dosen kami lakukan setiap enam bulan sekali atau setiap awal perkuliahan. Ini untuk menyiapkan rencana perkuliahan dengan sebaik mungkin,” ungkap Wakil Dekan I Bidang Akademik FEBI, Dr Ali Murtadho MAg, Selasa (7/8).

Menurutnya, secara umum, fakuktas terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia dosen. Juga kewajiban memegang teguh konsep Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi, pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Para dosen dituntut memenuhi kinerja minimal di bidang pengajaran. ”Salah satu syarat dosen yang mengajar yakni, ia harus memenuhi sistem kredit semester (SKS) tertentu,” paparnya. Setidaknya, lanjut dia, para dosen pernah melakukan satu penelitian atau tulisan jurnal ilmiah nasional. Selain itu, dosen diwajibkan pernah melakukan pengabdian masyarakat, menghadiri seminar dan melaksanakan tugas tertentu.

”Ini menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan, karena dapat menembah poin meski hanya satu poin. Bagi yang mendapat nilai tertinggi akan mendapat apresiasi,” paparnya. Ada pun bagi mahasiswa khususnya S-1, secara formal berkewajiban membuat skripsi. Mahasiswa D-3 membuat tugas akhir.

Untuk menunjangnya, pihak fakultas membekali mahasiswa berupa metode penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif. ”Setiap acara wisuda, kami selalu mengadakan Skripsi Award. Kami lakukan agar mahasiswa berlomba lomba menyajikan skripsi terbaik,” ungkap Ali. Dari segi investasi saham, fakultas juga memberi peluang bagi mahasiswa yang tertarik pada dunia pasar modal. Hal tersebut didukung dengan  adanya wadah atau kelompok yang fokus pada studi pasar modal (KSPM) FEBI UIN Walisongo. ”Kami sediakan bagi mereka yang minat pada dunia pasar modal. Kami memiliki galeri investasi yang bekerja sama dengan Indopremier Securities”

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.