SEKILAS INFO
18-03-2019
  • 1 minggu yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
  • 2 minggu yang lalu / Pendaftaran Beasiswa BI Tahun 2019–> lihat Pengumuman
  • 1 bulan yang lalu / Pengumuman Beasiswa Baznas 2019–> Kolom pengumuman
13
Mar 2019
UKM KOBI Selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Bisnis

Bertepatan pada Hari Peringantan Nyepi Kamis (07/03/2019) Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Bisnis (KOBI) mengadakan kegiatan Pelatihan Proposal Bisnis di Gedung H3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  UIN Walisongo Semarang. Dengan mendatangkan pemateri dari Indramayu,  Jawa Barat. Mas Hera Wijaya merupakan salah satu Finalis Kapal Api Sociopreneur sekaligus sebagai Owner Keripik Bongsang (Bonggol Pisang).  Kegiatan ini diikuti oleh 30 mahaiswa, sehingga pelatihan yang dilaksanakan bisa lebih intensif dan optimal. Adanya Pelatihan Proposal Bisnis ini dilakukan dalam rangka menfasilitasi potensi-potensi mahasiswa yang memiliki ide-ide bisnis untuk dikembangkan,  sehingga membantu arah rencana bisnis mahasiswa.

Materi yang disampaikan oleh Mas Hera yaitu tentang penyusunan rencana bisnis melalui proposal yang siap dipresentasikan ke investor atau pemberi dana sebagai pemodal mahasiswa untuk berbisnis.

“ Bisnis itu bukan untuk berjualan saja, namun bisnis itu adalah sebuah perbedaan yang harus ditonjolkan sebagai daya tarik konsumen sehingga menjadi keunggulan pada suatu produk,” kata Hera Wijaya .

‘’Dalam kesempaan ini Mas Hera juga menjagarkan tentang penerapan analisa SWOT dan pembuatan Business Model Canvas dalam suatu bisnis. Owner kripik bongsang ini juga meminta kita berfikir untuk meningkatkan potensi yang ada disekitar lingkungan untuk menambah nilai guna suatu barang melalui suatu bisnis,’’katanya.

Antusias temen temen UKM Komunitas Bisnis (KOBI)  yang mengikuti pelatihan tersebut terlihat saat diminta membuat perencanaan bisnis dan mencoba mempresentasikan laporan bisnisnya didepan audien dan pemateri. Disini seolah terjadi jalinan mitra antara pemberi dana (investor) dengan orang yang mengajukan proposal.

Disesi terakhir Mas Hera juga memberikan tips dan trik terkait marketing dalam bisnis  melalui media sosial berupa instagram.