"DOSEN FEBI UIN WALISONGO SEMARANG MENJADI INSTRUKTUR NASIONAL IMPLEMENTASI AKUNTANSI PONDOK PESANTREN"

Makassar, 25 September 2024
Pada hari ini, Rabu, 25 September 2024, telah dilaksanakan Pelatihan Nasional Akuntansi Pondok Pesantren yang bertempat di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Acara ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pemahaman para pengelola pondok pesantren dalam pengelolaan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi syariah.
Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari 39 pondok pesantren di wilayah Indonesia bagian timur ( Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT dan Papua) , serta para pemangku kepentingan yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan pondok pesantren. Salah satu instruktur utama dalam kegiatan ini adalah Bapak Dr.Ratno Agriyanto,M.Si, Akt, CA, CPA, seorang dosen FEBI UIN Walisongo Semarang.
Dalam acara pelatihan ini, Bapak Ratno memberikan materi terkait:
1. Dasar-Dasar Akuntansi Pondok Pesantren, termasuk penerapan standar akuntansi syariah.
2. Pengelolaan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
3. Pelaporan Keuangan Pondok Pesantren yang dapat diakses oleh publik dan para pemangku kepentingan.
Acara pelatihan berlangsung dengan lancar, gayeng dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta diskusi antara peserta dan instruktur. Seluruh peserta aktif berpartisipasi dan menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dalam pengelolaan keuangan di pondok pesantren masing-masing.
.
Makassar, 25 September 2024