Tax Center FEBI UIN Walisongo Semarang Mendapat Penghargaan Relawan Pajak Terbanyak, Berturut-turut Dari Tahun 2021-2024

Tax Center UIN Walisongo Semarang mendapatkan penghargaan sebagai Tax Center dengan relawan pajak terbanyak kedua tahun 2024. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktrat Jendral Pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Tengah 1, pada hari Senin, (23/09/2024). Acara Forum Tax Center dan Bimbingan Teknis Renjani 2025 dilaksanakan di Kantor Pelayanan Pajak Semarang Timur dengan dihadiri oleh sejumlah Pengurus dan Pembina Tax Center yang berada di Wilayah Kanwil I Jateng.

Relawan pajak untuk negeri (Renjani) bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih sadar pajak seperti yang disampaikan oleh Nurbaeti Munawaroh selaku Kepala Kanwil Jateng I.

“Tujuan dari relawan pajak oleh mahasiswa agar mengedukasi masyarakat akan pentingnya bayar dan lapor pajak di lingkungan kampus,” ucapnya dalam sambutan.

Selain itu, kegiatan relawan pajak ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa dan dosen dalam rangka memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dalam melaporkan SPT pribadi maupun badan.

Menurut Naili Saadah, M.Si yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sekaligus dosen pembina Tax Center UIN Walisongo, mengatakan bahwa kegiatan relawan pajak merupakan salah satu cara agar dapat mengasah kompetensi mahasiswa terutama dalam bidang perpajakan.

Pada tahun 2024, Tax Center UIN Walisongo mengirimkan relawan pajak sejumlah 37 mahasiswa dari Prodi Akuntansi Syariah yang tersebar di berbagai Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, di antaranya Semarang, Kudus, Jepara, Kendal, Purwodadi dan Demak.