Prodi Manajemen dan HMJ Manajemen selenggarakan kegiatan Training Of Trainer ( TOT) Digital Marketing For Millenial Business pada Minggu (19/05). Bertempat di Gedung Theater Lantai 3 ISDB FSH UIN Walisongo Semarang. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud peningkatan pengetahuan dan pendalaman softskill pendukung mata kuliah digital marketing dan bisnis digital yang terdapat pada kurikulum Program Studi Manajemen.
Wakil Dekan III FEBI UIN Walisongo dalam sambutannya menyampaikan “ mahasiswa FEBI UIN Walisongo khususnya mahasiswa manajemen harus menguasai skill dan mengupdate informasi tentang dunia digital supaya tidak ketinggalan jaman. Saat ini bisnis digital sudah bukan sesuatu yang baru,hampir sebagian besar pelaku bisnis mulai beralih dari bisnis model konvensional beralih ke bisnis digital.”
Lebih lanjut Fajar Adhitya,S.Pd.,MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas inisiasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen. Kegiatan ini penting untuk diselenggarakan karena spesifik langsung berkaitan dengan kurikulum pada prodi manajemen khususnya pada mata kuliah konsentrasi digital marketing. “digital marketing merupakan salah satu bagian penting dari bisnis digital. Data transaksi e-commerce dari tahun 2017 hingga 2021 mengalami kenaikan yang sangat signifikan,ini menandakan bahwa bisnis digital yang didukung oleh digitalisasi pemasaran begitu memberikan dampak sehingga bisnis digital menjadi begitu prospektif. Peralihan pola pemasaran konvensional ke pemasaran digital sangat perlu untuk dilakukan oleh pelaku bisnis sebagai mana banyak sekali penelitian-penelitian yang menyebutkan bahwa digital marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian” ungkapnya.
Selanjutnya narasumber pada kegiatan kali ini yaitu Bapak Misbakhul Arrezki,S.E.,MM memaparkan pentingnya para mahasiswa khususnya mahasiswa manajemen mendalami pengetahuan tentang bisnis digital supaya lebih adaptif terhadap perkembangan dunia bisnis saat ini. “para mahasiswa dituntut memiliki motivasi supaya lebih berani menekuni suatu bisnis”. Indonesia merupakan pasar potensial bagi pelaku bisnis digital karena menduduki peringkat pertama pengguna layanan E-Commerce”ungkapnya.
Digital marketing kini diutamakan untuk strategi pemasaran seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional. Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital, perangkat elektronik, Internet untuk menjangkau konsumen. Hal itulah yang membedakan dengan strategi pemasaran konvensional yang menggunakan medium iklan cetak dan papan reklame. Jaringan Internet menjadi andalan untuk digital marketing membangun identitas merek dan mengembangkan pemasaran dengan jangkauan dan target pasar yang lebih luas.
Kegaiatan Training of Trainer yang dilaksanakan pada Minggu (19/5/2022) dengan mengangkat tema “Digital Marketing for Millenial’s Business”. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Training of Trainer, yang secara keseluruhan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan yang mana materinya akan berfokus pada digital marketing secara spesifik. Salah satu tujuan diadakannya Training of Trainer ini yang paling utama adalah menyelaraskan konsentrasi jurusan khususnya digital marketing, yang mana konsentrasi digital marketing merupakan salah satu dari tiga konsentrasi yang ada di prodi manajemen di UIN Walisongo Semarang.