SEKILAS INFO
25-11-2020
  • 11 bulan yang lalu / Penawaran Mata Kuliah Semester Genap TA 2019/2020–> Lihat Menu Pengumuman
  • 1 tahun yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 1 tahun yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
22
Oct 2020
Kembangkan Produk Akademik Untuk Industri : Prodi S1 Akuntansi Syariah Melakukan Diseminasi Skripsi Beroutput Aplikasi Akuntansi

Semarang, 22 oktober 2020 Prodi S1 akuntansi Syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam (FEBI) menyelenggarakan acara diseminasi skripsi beroutput produk akademik aplikasi akuntansi. Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penguatan keterampilan bagi mahasiswa akuntansi Syariah mengenai pemograman pelaporan keuangan bagi entitas masjid, entitas lazis, entitas pondok pesantren dan entitas nadzir wakaf. Pembuatan aplikasi akuntansi diharapkan dapat membantu industri khususnya entitas keagamaan dalam menyajikan laporan keuangan.

Acara ini dibuka oleh bpk. Dr. H. Nur fatoni, M.Ag selaku wakil dekan I dengan menghadirkan dua narasumber yang memaparkan materi pelaporan keuangan bagi entitas keagamaan, diantaranya Bpk. Dr. Ratno Agriyanto.,M.Si yang memaparkan materi pelaporan keuangan bagi entitas pondok pesantren, nadzir, lazis, dan emkm. Narsum kedua  Bpk. Warno.,M.Si yang memaparkan materi pelaporan keuangan bagi entitas masjid. Acara diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir prodi akuntansi Syariah yang berencana membuat aplikasi akuntansi sebagai tugas akhir/skripsinya.

Pertanggungjawaban pengelolaan keuangan bagi Lembaga keagamaan menjadi perhatian bagi beberapa kalangan, karena mulai banyak aset umat yang dipercayakan pengelolaanya kepada lembaga tersebut. minimnya pengetahuan dan sosialisasi serta teknologi untuk melakukan pelaporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pengelolaan dana umat menjadi kendala tersendiri bagi pengelolan masjid, lazis ataupun ponpes. Oleh sebab itu penyusunan aplikasi akuntansi untuk entitas masjid, ponpes ataupun lazis diharapkan bisa menjadi salah satu solusi yang dapat mempermudah pengelola dalam mempertanggungjwabkan pengelolaan dana umat melalui pelaporan keuangan yang sesuai standar.