“Learning by Doing” Sebagai Bentuk Magang Mahasiswa D3 Perbankan Syariah Untuk Mengasah Kemampuan Di Bidang Perbankan dan Keuangan Syariah

Magang telah menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa D3 Perbankan Syariah. Untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya, tentu tidak hanya diperlukan teori saja tetapi juga praktik langsung di lapangan. Potensi mahasiswa bisa dimaksimalkan dengan adanya program magang karena secara tidak langsung mahasiswa sudah dilatih untuk bekerja.

Dr. H. Turmudzi, M.Ag selaku Kaprodi D3 Perbankan Syariah.

“Teori-teori Ilmu yang didapat di kampus harus dipraktikkan secara nyata di dunia kerja. Ibarat orang belajar berenang ia harus berlatih secara nyata dan tidak cukup hanya diberi teori-teori saja. Kenapa? Karena kalau hanya teori-teori maka ia akan tenggelam ketika disuruh berenang”, ungkap beliau.

Magang ini dilaksanakan selama 2 bulan dan diikuti mahasiswa D3 Perbankan Syariah Angkatan 2017 yang berjumlah 69 Orang. Magang tersebar di 16 lembaga syariah baik di bank syariah maupun BMT.

Dalam praktik magang ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan nya di 3 bidang, yaitu front liner yang terdiri dari teller, customer service, back office dan marketing.