Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam selenggarakan Evaluasi Magang bersama Lembaga Mitra

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Magang/ Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Kamis, 23 September 2021 di Hotel Grand Edge. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FEBI, Para Wakil Dekan, Para Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan, Dosen serta perwakilan dari Lembaga Mitra Magang/ Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kegiatan ini  dimulai dengan  laporan dari ketua panitia oleh Ade Yusuf Mujaddid, M.Ag.  Pada kesempatan ini ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan evaluasi magang. Disampaikan pula tujuan terselenggaranya evaluasi magang adalah untuk menjalin kerjasama yang baik antara Fakultas dan Lembaga yang diharapkan adanya terobosan pemikiran dalam pelaksanaan magang.

Kegiatan Evaluasi Magang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muhammad Saifullah, M.Ag. Dalam sambutannya Dekan FEBI menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan generasi terbaik. Menurutnya Generasi terbaik tidak cukup dengan bangku kuliah, keberhasilan pendidikan dilalui dengan cara kerjasama antara universitas, pemerintah dan lembaga. Kegiatan ini diharapkan dapat menyempurnakan sistem magang dan dihasilkan rumusan ‚Äďrumusan dalam upaya perbaikan magang. Mahasiswa diarahkan untuk magang sesuai dengan keilmuannya Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah atau Manajemen. ¬†Dekan FEBI pada lesempatan ini pula menyampaikan terimakasih kepada Lembaga Mitra Magang yang telah memberikan pengalaman di Lapangan kepada Mahasiswa FEBI mengenai bagaimana proses kerja lembaga dan menyampaikan permohonan maaf apabila selama proses magang Mahasiswa FEBI terdapat kesalahan.

Kegiatan dilanjukan dengan Penyampaian Saran dan Masukan dari perwakilan Lembaga dengan dimoderatori oleh Nurudin, S.E., MM. Pada sesi evaluasi ini Wakil Dekan I bidang akademik dan kelembagaan, Para Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan turut memberikan tanggapannya atas Saran dan Masukan yang telah diberikan. Lembaga yang turut Hadir pada kesempatan ini diantaranya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Semarang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, KSPPS NU Sejahtera, KSPPS Binama Semarang, KAP Arnestesa, KAP Tarmizi Achmad, LazizMU Kota Semarang, Baznas Kudus, Kemenag Tegal, Kemenag Kota Yogyakarta, BPKAD Kabupaten Pati, Bank Syariah Indonesia, Bank Jateng Syariah dan lembaga-lembaga mitra magang lainnya. Para perwakilan lembaga menyampaikan bahwa mahasiswa magang dari FEBI secara umum baik dan sangat membantu selama proses magang, Sebagai bahan masukan diharapkan mahasiswa dibekali selain hard skill juga soft skill yang mendukung kemampuan mahasiswa ketika magang, Selain itu, para lembaga menghendaki adanya MoU maupun PKS sehingga jalinan kerjasama antara lembaga dengan FEBI menjadi lebih  baik lagi kedepan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam rangka mendukung Program We Green Campus memberikan kit Kegiatan evaluasi magang berupa tanaman yang terdiri atas anggrek dan jambu kristal. Program Walisongo Eco Green Campus adalah kampus yang memiliki komitmen tinggi dalam membangun bidaya peningkatan efisiensi energi, konservasi sumberdaya dan peningkatan kualitas lingkungan dengan mendidik untuk menciptakan hidup sehat dan lingkungan belajar kondusif secara berkelanjutan. Diharapkan para peserta kegiatan evaluasi magang ini dapat turut serta melestarikan lingkungan hijau.