Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Wujudkan Sinergi Bersama Kemenag Kabupaten Purworejo Selenggarakan “Seminar Orientasi Pendidikan Pada PTKIN”

WhatsApp
Twitter
Email
Facebook

Pimpinan dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang pada hari Jum’at 10 Februari 2023 melaksanakan kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang dikemas dalam “Seminar Orientasi Pendidikan Pada PTKIN”. Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan di Kabupaten Purworejo. Pada kegiatan ini panitia pelaksana seminar   mendatangkan  narasumber dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo H. Fatchur Rochman,M.Pd.I. Kegiatan Seminar diselenggarakan di RM Ayam Bakar Bambu Kuning Purworejo dan diikuti oleh perwakilan guru SMA/SMK/MA se-kabupaten Purworejo. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka  memberikan informasi penerimaan mahasiswa baru kepada peserta seminar tentang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang  baik program studi, visi dan misi, peluang melanjutkan studi pendidikan tinggi serta kegiatan kampus lainnya.

Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, Drs.H.Saekhu,M.H dalam sambutannya mengatakan: “Seminar ini sebagai bagian memperkenalkan diri kepada masyarakat bahwa kami ini sudah menjadi Universitas sejak tahun 2014, dan yang menjadi keunggulan kami adalah disamping adanya prodi berbasis syariah juga ada prodi-prodi umum. Kampus kami menyediakan banyak sekali beasiswa seperti misalnya beasiswa KIP, Beasiswa Baznas, Beasiswa BI, Beasiswa bantuan UKT dll. Kampus kami juga memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap dan mutakhir seperti laboratorium Pasar Modal, Laboratorium Minibank, Laboratorium Bisnis, TAX Center” Ungkap Saekhu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo H.Fatchur Rochman,M.Pd.I dalam paparannya menyampaikan bahwa tahun 2022 telah dicanangkan oleh Menteri Agama (Menag) sebagi tahun toleransi. “Menteri Agama telah mencanangkan tahun ini sebagai tahun toleransi beragama. Pencanangan ini bersifat nasional,” tuturnya. “Dengan pencanangan tersebut, diharapkan dapat mendorong perkembangan masyarakat yang lebih damai, lebih kondusif, menuju pada pembangunan yang lebih baik,” ujarnya. Pembangunan yang lebih baik tentu perlu di dorong oleh SDM yang berkualitas dan salah satu upaya tersebut adalah dengan melanjutkan studi pada perguruan tinggi di UIN Walisongo,perguruan tinggi keagamaan yang menawarkan peningkatan kompetensi sekaligus peningkatan spiritual keagamaan.

Lebih lanjut Dr,Ratno Agriyanto,M.Si  selaku narasumber internal dalam paparan menyampaikan bahwa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang memiliki 4 Program Studi jenjang Sarjana yaitu Program Studi Ekonomi Islam, Prodi Perbankan Syariah, Program Studi Akuntansi Syariah dan Program Studi Manajemen, keempat program studi tersebut dapat di masuki melalui jalur SNMPT,  SPAN PTKIN, UTBK SBMPTN, Ujian Jalur Mandiri, Mandiri Prestasi. Kegiatan seminar diakhiri dengan foto Bersama narasumber dan para peserta.

Terlaksananya sosialisasi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) yang dikemas dengan model baru yaitu berupa kegiatan seminar ini harapannya dapat menjadi dorongan, motivasi serta semangat para siswa dan siswi untuk masuk ke UIN Walisongo Semarang khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.