HMJ S1 Perbankan Syariah selenggarakan Webinar Bincang Asik Perbankan 3.0

HMJ S1 Perbankan Syariah menyelenggarakan Webinar pada Sabtu, 12 Juni 2021 dengan tema “Optimalisasi Perbankan Syariah melalui Pembiayaan guna memajukan UMKM di Era Transformasi Digital”.¬† Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan III, Ketua Jurusan Perbankan Syariah dan Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muhammad Saifullah, M.Ag., dalam sambutannya beliau menyampaikan bagaimana peran perguruan tinggi melakukan pendampingan terhadap UMKM dan bagaimana instansi pemerintah termasuk lembaga perbankan dalam mendampingi pelaku UMKM. Termasuk salah satunya oleh mahasiswa. Peran tersebut perlu pula mendapat dukungan dari pelaku UMKM. Pelaku UMKM harus paham dengan teknologi yang mana juga perlu ada pendampingan agar bisa menjadi satu kesatuan.

Sambutan yang kedua dari Wakil dekan III Drs. Saekhu M.H., dalam sambutannya beliau  menyampaikan perlunya mahasiswa memahami problematika yang ada di Perbankan Syariah dan Perkembangan Ekonomi Nasional. Harapannya webinar ini bisa mengantisipasi permasalahan Рpermasalahan yang ada ditengah tantangan dunia perbankan. Disinilah kita harus mencari solusi bagaimana cara inovatif untuk mengembangkan ekonomi diera digitalisasi.

Sambutan  yang ketiga dari Ketua Jurusan  S1 Perbankan Syariah Heny Yuningrum M.Si., dalam sambutannya  beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada panita penyelenggara, tamu undangan dan audiens yang sudah hadir pada acara webinar perbankan. Harapannya semoga acara  berjalan lancar. Sambutan berikutnya dari  Ketua panitia Muhammad Daffauddin Ahmad yang dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi peserta.

Webinar Bincang Asik Perbankan 3.0 menghadirkan narasumber diantaranya  Anton Wibisono, Awan Kurnianto dan Zaky Muhammad Syah. Narasumber dalam kesempatan ini menyampaikan Peranan Perbankan Syariah dalam UMKM dan Bagaimana pemanfaatan Digital Marketing serta kontribusi pembiayaan bagi UMKM.

Perbankan syariah mempunyai peranan strategis dalam meningkatkan usaha UMKM terutama dalam masalah pendanaan dan supporting dalam kegiatan  pendampingan teknis dan non teknis. UMKM memiliki peranan sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja di indonesia. Oleh sebab itu keberadaan UMKM sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat menengah kebawah sebagai sarana untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Lembaga Keuangan Syariah diharap dapat turut berkontribusi dalam mengatasi permasalahan  yang fundamental yang terdiri dari bagaimana bisa mengubah UMKM yang semula offline menjadi go digital dan  bagaimana cara Lembaga Keuangan melakukan pemberdayaan UMKM. Di era digital seperti saat ini masyarakat harus paham bagaimana pemanfaatan smartphone dan  menghasilkan ide ide yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan Webinar Bincang Asik Perbankan 3.0 berjalan dengan lancar. Peserta antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber dan mengikuti kegiatan sampai akhir acara.