Menjaga Kelestarian Lingkungan Melalui Penanaman Bibit Mangrove, HMJ S1 Perbankan Syariah Adakan Bakti Sosial Di Pantai Tirang Semarang

WhatsApp
Twitter
Email
Facebook

Senin, 19 Mei 2024, HMJ S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang berhasil melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dengan tema “Hijaukan Lingkungan, Cerdaskan Literasi Keuangan, Sehatkan Masyarakat”. Kegiatan ini berlangsung di Pantai Tirang, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang dan dihadiri oleh relawan, pengurus HMJ S1 Perbankan Syariah, serta tamu undangan.

 

Acara dimulai pada pukul 08.40 WIB yang dipandu oleh Esa Mareta Nursandani sebagai pembawa acara. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak terkait. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Yulia Nilta, selaku Ketua Panitia IB Care, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta dan berharap agar acara berjalan dengan lancar. Sambutan ke dua disampaikan oleh Muhammad Ardiansyah, selaku Ketua HMJ S1 Perbankan Syariah, ia menyampaikan bahwa belajar tidak hanya terbatas di kampus, melainkan juga melalui aksi nyata seperti bakti sosial ini. Ia juga berpesan supaya nantinya kegiatan baksos ini dapat terus dilestarikan dan dikembangkan. Sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Arif Efendi, S.E., M.Sc., selaku Kepala Jurusan S1 Perbankan Syariah. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan yang diberikan oleh HMJ S1 Perbankan Syariah serta mengingatkan pentingnya merawat tanaman yang ditanam agar tetap hidup dan memberikan manfaat.

Setelah sesi sambutan, dilakukan pemaparan materi mengenai literasi keuangan oleh Ibu Mardiyaturrositaningsih, S.y, ME., sebagai narasumber dalam acara IB Care. Materi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai pinjaman online legal dan ilegal, pengelolaan keuangan yang bijaksana, serta pentingnya literasi keuangan dalam masyarakat.

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon mangrove yang dipandu oleh Ibu Mardiyaturrositaningsih, S.y, ME. Seluruh peserta bakti sosial secara bergotong-royong melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan pantai. Jumlah bibit pohon mangrove yang ditanam sebanyak kurang lebih 100 bibit. Mereka dengan penuh semangat menggali lubang, menempatkan bibit dengan hati-hati, dan memberikan perawatan yang diperlukan untuk memastikan pertumbuhan yang baik di masa depan.

Proses penanaman berlangsung dengan lancar, dipenuhi dengan kebersamaan dan semangat gotong-royong. Peserta saling membantu dan memberikan dorongan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, Peserta juga membersihkan daerah pantai.

Acara berjalan dengan sukses dan diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. Harapannya dengan adanya bakti sosial yang diadakan oleh HMJ S1 Perbankan Syariah dapat mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan rasa empati dan peduli sesama serta mampu menjadikan pribadi yang lebih sadar dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.