SIAP HADAPI DUNIA KERJA, FEBI UIN WALISONGO SEMARANG MENGADAKAN PEMBEKALAN CALON ALUMNI

WhatsApp
Twitter
Email
Facebook

Jumat (10/03/2022) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang mengadakan Pembekalan Calon Alumni. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melanjutkan dunia kerja nantinya dengan melakukan perubahan. Acara yang digelar dengan nuansa Islami itu dibantu oleh Grup Alfadh Prima Tour & Organizer selaku trainer. Pembekalan calon alumni ini bertempat di River Walk Boja,Kendal.

Pembekalan ini dihadiri oleh Dekan beserta jajaran Staf Akademisi FEBI UIN Walisongo. Bukan hanya itu, peserta pembekalan ini diikuti oleh Mahasiswa FEBI Angkatan 2019 dan 2020 yang merupakan mahasiswa semester akhir. Sebanyak 80 peserta dan pendamping turut andil dalam kegiatan tersebut dengan antusias. Acara ini mengangkat beberapa sub tema diantaranya yaitu Meningkatkan Kapasitas Public Speaking &Teamwork, Mengetahui Kekurangan dan Kelebihan pada Diri Sendiri, dan Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Diri.

Pembekalan calon alumni ini memunculkan harapan agar manfaatnya kembali pada diri mahasiswa itu sendiri dalam mempersiapkan persaingan dunia kerja setelah lulus nanti.
“Harapannya, pembekalan ini supaya membawa perubahan yang baik terhadap mahasiswa. Agar mereka memiliki kesiapan untuk melakukan perubahan mulai dari sekarang. Saat ini mahasiswa sedang masanya mencari jati diri bahwa perubahan dilakukan dengan cara modelling. Dalam forum ini, perubahan yang kita inginkan adalah perubahan terhadap diri kita dan perubahan itu harus dimulai dari diri kita. Pada hakikatnya kita semua adalah sebuah produk. Produk akan menarik jika terdapat inovasi. Oleh karena itu, kalian sebagai mahasiswa saatnya branding menjadi mahasiswa yang memiliki ilustrasi, yang memiliki nilai tambah,” tegas Saifullah selaku Dekan FEBI UIN Walisongo dalam sambutannya.

Setelah pembukaan acara tersebut yang dibuka secara langsung oleh Dekan FEBI UIN Walisongo, dilanjutkan dengan mengerjakan tes psikotes dimana hal ini sebagai bentuk uji coba dalam mempersiapkan masuk dunia kerja.
“Adanya tes psikotes ini bertujuan agar para mahasiswa dapat memiliki gambaran soal yang sekiranya sering keluar ketika tes masuk dunia kerja. Hal ini tentunya untuk melatih kepribadian diri masing-masing, menguji kreatifitas kita sekaligus menguji kekonsistennya kita dalam kehidupan sehari-hari melalui tes tersebut ,” terang Adit yang merupakan trainer dari Alfadh Prima Tour & Organizer.

Dalam melanjutkan setelah lulus kuliah nanti harus dipersiapkan dengan matang, terutama persiapan dalam melamar kerja.
“Ada beberapa persiapan dalam melamar kerja, diantaranya yaitu kita harus benar-benar jeli terhadap informasi pekerjaan yang beredar, persiapkan jawaban yang tepat dan meyakinkan sehingga dapat mencerminka kepribadian kita. Hal utama adalah mulai persiapkan tingkah laku yang baik karena nantinya ada tes yang menguji tingkah laku dan penalaran kita. Dan hati-hati dalam menjawab pertanyaan ,”pesan Adit.

Tidak hanya materi sebagai pembekalan, acara juga diwarnai dengan kegiatan outbound. Dalam acara outbond, Adit selaku trainer menyampaikan makna dari outbond tersebut bahwa hidup perlu mendengar, empati serta safe control terhadap sesama. Adit menambahkan terkait total action juga perlu diterapkan dalam kehidupan sekaligu mempersiapkan di dunia kerja nanti bagaimana kita membangun kerjasam tim yang baik dan menciptakan pertemanan yang baik tanpa memilah agar dapat menyukseskan segala pekerjaan maupun kegiatan.