TERUS TINGKATKAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH : PRODI AKUNTANSI SYARIAH GELAR PELTIHAN LITELATURE REVIEW

Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo semarang sukses menggelar Pelatihan Penulisan Skripsi pada hari Kamis Pagi (23/12) Pukul 10.00 WIB. Topik yang diangkat yaitu ‚ÄúPelatihan Tentang Literatur Review”. Pelatihan ini mengundang narasumber yang tidak asing lagi di mata mahasiswa akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo yakni Dr. Ratno Agriyanto, M.Si, Akt selaku kepala Jurusan Program Studi Akuntansi Syariah UIN Walisongo . Pelatihan ini berlangsung sangat khidmat bahkan kehadiran peserta mencapai 50 orang dari beberapa program studi di fakultas ekonomi dan bisnis islam.
Dr. Ratno Agriyanto, M.Si, Akt sebagai narasumber pada pelatihan ini menyampaikan pemaparan materi dengan judul ‚ÄúPelatihan Tentang Literatur Review‚ÄĚ. Pada penyampaiannya, Dr. Ratno Agriyanto memberi tips demi tips dalam penulisan sistematika penulisan skripsi, ‚ÄúTiga komponen dalam menulis skripsi tentunya skripsi itu sendiri, artikel dan juga jurnal nasional maupun internasional. Ketiganya saling berkaitan. Maka dari itu harus selektif dalam memilih artikel jurnal.‚ÄĚ Menurutnya, skripsi yang layak menjadi artikel adalah sebagai berikut; Topik menarik/up to date/baru, latar belakang yang menyatakan penelitian ini penting, rumusan masalah jelas, metode dan teori yang digunakan sesuai, pembahasan sesuai aplikasi teori, dan hasil kajian sesuai jawaban atas rumusan masalah. Sedangkan ciri-ciri skripsi yang bermasalah di antaranya skripsi yang banyak copy-paste, rujukan web/blog yang kurang jelas, lebih banyak teori atau biografi dibandingkan hasil pembahasan dan bahasa yang kacau.
Terakhir, layar presentasi menampilkan komponen penulisan skripsi bab II hingga bab III, seperti pemilihan teori yang digunakan dalam penulisan skripsi seperti, grand teori apa yang kita pilih , hingga banyaknya literatur review yang mendukung dari penelitian penelitian terdahulu. Tidak hanya itu Dr. Ratno Agriyanto juga menjelaskan terkait sistematika metode penelitian skripsi hingga membuat kerangka teori penelitian. Dr. Ratno Agriyanto menutup penjelasan materinya dengan sebuah kesimpulan. ‚ÄúSkripsi Itu jangan dipikirkan tapi dikerjakan, dan perbanyaklah membaca jurnal jurnal nasional maupun internasional untuk memperkaya skripsi kita,‚ÄĚ tuturnya.
Pada sesi pertanyaan, ada banyak pertanyaan yang muncul, di antaranya terkait kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa terkait penulisan skripsi, seperti bagaimana cara menyusun latar belakang hingga menentukan fenomena gap dalam penelitian skripsi. Menurut beliau, kunci utama semangat menulis adalah Jangan malas mengerjakan. Kemudian harus mampu berpikir kritis dan menemukan hal-hal yang menarik, memperbanyak pengayaan metodologi, serta menghindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi.