SEKILAS INFO
21-08-2019
  • 2 bulan yang lalu / PENAWARAN DAN PEMESANAN MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2019/2020–>Menu Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman Wisuda Periode Agustus 2019 –> Lihat Pengumuman
  • 5 bulan yang lalu / UIN Walisongo Semarang Terakreditasi  “A”
6
Nov 2015
0
Asuransi Syariah Tidak Bertentangan dengan Takdir

Memahamkan asuransi kepada masyarakat ternyata tidak mudah. Terkadang asuransi dianggap melawan takdir dari Allah SWT karena menghitung peristiwa kecelakanaan diri maupun kecelakaan jiwa sebelum waktunya. Namun asuransi syariah bisa difahamkan dengan cara bahwa kita hidup di dunia ini sebagai mahluk sosial, sehingga kita butuh saling membantu dalam berbagai persoalan kehidupan umat manusia termasuk membantu saudara kita yang mendapatkan musibah atau kecelakaan.

Demikian pokok-pokok sambutan Dekan Fakultas Ekonomi Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang dalam memberikan sambutan pembukaan Road Show Asuransi Syariah yang diselenggarakan oleh kerjasama MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Jawa Tengah, FEBI UIN Walisongo, Prudential Syariah, ForSHEI, LP2EI (Lembaga Pengkajian dan Penelitian Ekonomi Islam) Semarang, dan Radio el-Sinta Semarang. Seminar dilaksanakan di Auditorium kampus UIN lt.2 di kampus 1 Jerakah Semarang dengan menghadirkan Agus Hariyadi (MES Jakarta), Firmandhani (Prudential Syariah), Asep Hidayat (IKNB) serta Drs. H. Wahab Zaenuri, MM.

Seminar ini dihadliri oleh dosen dan mahasiswa UIN Walisongo, Pimpinan Bank Syariah di Semarang, Pimpinan BPRS, BMT, serta perwakilan dosen dan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Semarang dan sekitarnya.

Secara bergiliran para narasumber menyampaikan kajian tentang perkembangan asuransi syariah baik dari konsep asuransi syariah, regulasi dan implementasi asuransi syaraiah. Pertumbuhan total asset Asusransi Syariah pada semester awal 2015 mencapai 24,06%. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk mengembangakan pendidikan asuransi di Perguruan Tinggi.

Tak kalah hebatnya acara yang dihadiri ratusan dosen dan mahasiswa di kampus 1 UIN ini, juga memberikan tanggapan, kritik sekaligus masukan agar asuransi syariah semakin berkembang di tengah masyarakat, termasuk juga bagi mahasiswa FEBI. Tanggung jawab FEBI tentunya menyiapkan lulusan UIN yang berkarakter integrase keilmuan dan akhlakul karimah.

Workshop ini merupkan workshop yanga special karena didatangi oleh tamu dari MUS Pusat, OJK pusat dan berbagai tamu baik dari PTN atau PATAIS. Oleh karena itu Workshop ini akan ditindaklanjuti dengan workksop laiinga seperti  Jateng Syariah Expho.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.